7 Kota dan Kabupaten "Van Java" Yang Ada di Indonesia - Majalah Fashion Pria: Lifestyle, Tips, Info, Rekomendasi, Cara Berpakaian Pria Maskulin

Hot

Sunday 21 June 2015

7 Kota dan Kabupaten "Van Java" Yang Ada di Indonesia

Mungkin beberapa orang sudah mengetahui kata "Van Java" sebuah kata atau bisa disebut dengan julukan untuk kota - kota di pulau jawa yang mirip dengan kota - kota di luar negeri. Pada dasarnya kata - kata tersebut diberikan oleh orang luar negeri yang pernah berkunjung ke Indonesia, terutama ke kota - kota yang ada di pulau Jawa. Baik itu benar atau salah, namun kata "Van Java" bisa menjadi kebanggan masing - masing kota, di bawah ini ada 7 kota dan kabupaten di pulau Jawa yang sudah lama di panggil dengan julukan Van Java, mungkin kota dan kabupaten di bawah ini ada yang pernah anda kunjungi atau memang anda tinggal disana.

1. Bandung "Paris Van Java"
Bandung "Paris Van Java"
Untuk pertama yaitu Bandung, sebuah kota yang sangat terkenal di pulau jawa, julukan Paris Van Java pun sudah melekat di kota yang sering di sebut dengan kota kembang. Pertamanya julukan Paris Van Java diberikan oleh orang eropa sejak dulu kala ketika mengunjungi Kota Bandung. Tepatnya pada abad ke 18 atau tahun 1825 Kota Bandung mendapat julukan Paris Van Java. Mungkin anda bertanya - tanya kenapa harus di samakan dengan Paris, konon katanya cuaca dan kondisi temperatur di Kota Bandung hampir sama dengan di Paris tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin, hal lain mengapa Bandung memiliki julukan tersebut karena kuliner dan juga gaya fashion masyarakatnya yang bagus dan enak untuk dilihat. Sama dengan Paris yang sering dihubungkan dengan kota Fashion. Maka dari itu jika anda mengunjungi ke Kota Bandung dan bertemu dengan Mojang (Gadis) atau Jajaka (Pemuda) Bandung, mereka bisa berpenampilan modis dan menarik dengan senyum yang ramah.

2. Garut "Swiss Van Java"
Garut "Swiss Van Java"

Begeser ke kabupaten priangan lainnya yaitu, Garut. Beberapa orang mungkin belum banyak yang tahu bahwa kabupaten yang ada di pulau jawa ini mempunyai julukan Swiss Van Java. Sekedar informasi saja mengapa Garut di juluki Swiss Van Java, yang pertama adalah karena makanan khasnya yaitu, dodol yang di analogikan dengan coklatnya Indonesia Julukan ini juga ternyata telah tersemat sejak jaman kolonial Belanda. Ratu Wilhelmina Belanda kabarnya memiliki peristirahatan pribadi di Garut. Selain dari makanan khasnya, Garut bisa di juluki Swiss Van Java yaitu dari pemandangan alam yang masih alami terutama untuk daerah pegunungan. Salah satu gunung yang cukup terkenal dari Garut adalah Gunung Papandayan, gunung yang mempunyai ketinggian 2.665 meter diatas permukaan laut ini tidak kalah indah dan sejuk dibanding Gunung Alpen. 

3. Tasikmalaya "Delhi Van Jav"
Tasikmalaya "Delhi Van Jav"
Selanjutnya dekat dengan kabupaten Garut, kita bisa menemukan kota yang terkenal dengan kerajinannya yaitu Kota Tasikmalaya. Sebuah kota yang ada di pulan jawa ini sudah lama diberi julukan dan mungkin beberapa orang belum banyak yang mengetahuinya yaitu Delhi Van Java. Julukan tersebut di berikan ke Tasikmalaya lantaran di sana katanya masyarakat Tasik suka sekali menari, menyanyi dan juga berlari. Selain itu kontur jalan yang naik turun dan berkelok serta pemandangan perbukitan-perbukitan indah, membuat Tasikmalaya mempunyai pesona yang mirip Delhi, India.

4. Karimun Jawa "Carribean Van Java"
Karimun Jawa "Carribean Van Java"
Jika anda pernah menonton film The Pirates of Carribean, pasti anda tahu scene di mana bajak laut sedang berlayar di lautan yang disekitarnya ada pulau - pulau kecil, hal itulah yang ada di Karimun Jawa. Karimun Jawa di Kabupaten Jepara memiliki keindahan yang sama dengan Carribean yang apabila anda mengunjunginya anda akan merasa seperti bermain film bersama Jack Sparrow di The Pirates of Carribean, air lautnya yang masih asri dan belum tercemar membuat daerah pantai di Karimun Jawa sering dijadikan destinasi liburan oleh masyarakat dalam negeri atau juga luar negeri. Apabila anda berkunjung ke Jepara jangan lupa mampir dulu ke Taman Nasional Karimun Jawa.

5. Situbondo "Africa Van Java"
Situbondo "Africa Van Java"
Ketika anda masuk ke kabupaten Situbondo naluri alam dan suasana khas Africa bisa anda rasakan, karena di daerah Situbondo banyak sekali hamparan savan dan satwa liar yang masih hidup dengan alami, salah satunya adalah Taman Nasional Baluran. Sama dengan daerah Africa yang mempunyai satwa - satwa liar dan penuh dengan hamparan savana, jadi jika anda ingin merasakan bagaimana hidup di luar dengan ditemani satwa - satwa liar, tidak perlu jauh - jauh ke Africa, cukup mengunjungi Situbondo. Sekedar tips saja jika anda mengunjungi Taman Nasional Baluran, ada baiknya isi bahan bakar yang full karena ketika anda masuk kesana tidak akan menemukan pom bensin atau tempat persinggahan dan yang ada adalah hamparan luas alami dengan balutan satwa liar berkeliaran.

6. Tegal "Japan Van Java"
Tegal "Japan Van Java"
Bukan karena masyarakat Tegal sama mimik mukanya dengan orang Jepang, salah satu alasan mengapa Tegal mempunyai julukan seperti diatas tadi yaitu, karena di Kota tersebut banyak sekali industri logam yang ternyata sangat lihai dalam membuat spare part kendaraan bermotor yang berasal dari Jepang. Bahkan ada beberapa industri logam di Tegal yang sudah lama berkontribusi dan juga menjadi langganan sebagai pemasok spare part industri otomotif ternama asal Jepang. Selain  menghasilkan spare part kendaraan bermotor di Kota Tegal juga, industri logam bisa menghasilkan dan membuat alat - alat lain seperti traktor, pompa air, alat kesehatan rumah sakit, spare part kapal, dan masih banyak lagi.

7. Semarang "Venice Van Java"
Semarang "Venice Van Java"
Untuk Kota yang terakhir adalah Kota Semarang, Kota ini sendiri sampai sekarang memiliki julukan Venice Van Java, hal tersebut bisa terjadi lantaran di Semarang banyak sekali kanal - kanal sungai hampir sama dengan di Venice yang berada di Italia. Namun perbedaan yang cukup terlihat yaitu kalau di Venice sendiri kanal - kanal sungainya ditata dengan rapih sehingga bisa membuat orang betah di kota tersebut. Sedangkan di Semarang kanal - kanal sungainya biasa dan terkesan sederhana. Walaupun begitu julukan Venice Van Java, untuk kota Semarang bisa menjadi kebanggaan sendiri untuk masyarakat Semarang dan juga Indonesia tentunya.

Demikian tadi beberapa kota dan kabupaten di pulau Jawa yang memiliki julukan Van Java, julukan - julukan yang sudah diberikan ke kota atau kabupaten di pulau Jawa seperti diatas ada baiknya kita jaga untuk generasi selanjutnya, karena mungkin saja di masa depan kota - kota di Indonesia bisa sama denga di luar negeri dan bisa bersaing dan maju seperti kota - kota di luar negeri, jadi tidak hanyak julukan saja namun masyarakat dan juga kotanya pun bisa sama dengan julukan tersebut. Terima kasih sudah mengujungi blog ini.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad