Ini Dia Makanan Yang Membuat Anda Kuat Menjalani Ibadah Puasa - Majalah Fashion Pria: Lifestyle, Tips, Info, Rekomendasi, Cara Berpakaian Pria Maskulin

Hot

Friday 26 June 2015

Ini Dia Makanan Yang Membuat Anda Kuat Menjalani Ibadah Puasa

Sebelumnya saya pernah membagikan kepada anda informasi seputar tipe orang berbuka puasa, dan untuk kesempatan sekarang saya kembali akan membagikan kepada anda informasi yang masih terkait dengan bulan ramadhan ini, yaitu menu makanan yang sangat di anjurkan pada saat akan berbuka maupun sahur di bula ramadhan ini. Seperti yang kita tahu puasa sangat erat kaitannya dengan makanan dimana kita tidak di perbolehkan makan dan minum dengan waktu yang sudah di tentukan, lamanya berbuka puasa juga terkadang membuat kita lemas karena seharian kita tidak makan, namun untuk orang yang mempunyai semangat dan selalu senang dikala datangnya bulan ramadhan dan yang tentunya ikhlas dalam puasanya tidak akan merasakan lapar, namun malahan dia akan semangat melalui hari - hari puasanya.

Buka puasa dan sahur adalah salah satu kegiatan di bulan ramadhan ini, makanan favorit sering sekali dimunculkan pada saat berbuka namun tetap makanan sehatlah yang harus anda keluarkan dan masak ketika akan berbuka. Untuk menjaga tubuh kita selalu fit untuk menjalani puasa ini, ada baiknya juga anda harus perhatikan masukan makanan pada saat berbuka dan sahur, makanan seperti goreng - gorengan yang pedas, untuk di bulan ini di hentikan sejenak untuk kelancaran puasa anda. Nah jadi apa saja jenis atau makanan apa saja yang cocok dan baik pada bulan puasa ini, di bawah ini ada list beberapa makanan yang bagus dan baik untuk anda yang sedang puasa.

1. Buah - Buahan
Buah - Buahan
Semua orang sudah tahu dan tidak aneh ketika buah - buahan bisa menjaga kesehatan kita, pada saat berbuka dan juga sahur usahakana anda mengkonsumsi buah - buahan agar nutrisi di dalam tubuh anda bisa terjaga dan juga terisi kembali. Semua buah bagus untuk berbuka dan sahur puasa, namun ada baiknya pilih jenis buah yang mempunyai kandungan air cukup banyak, seperti semangka, pepaya, atau buah yang sering di jadikan es campur yaitu timun suri. Dengan mengkonsumsi rutin selama berbuka dan sahur anda bisa mendapatkan karbohidrat kompleks dan penuh serat dapat meningkatkan kadar glukosa secara bertahap dan membantu pencernaan. 

2. Kurma
Kurma
Salah satu buah yang sangat dianjurkan pada berbuka puasa juga adalah kurma, kenapa harus buah kurma ?. Nabi kita sendiri selalu berbuka dengan yang manis - manis dan salah satunya Nabi sering mengkonsumsi kurma. Di dalam kurma sendiri terdapat kandungan vitamin A, B6, kalium, natrium alami, besi dan magnesium yang baik dan bagus untuk tubuh anda, dan yang tentunya membantu pada saat berpuasa nantinya. Selain itu di dalam kurma juga ada kandungan gula alami yang bisa membantu memberikan energi ke tubuh pada saat malam. 

3. Daging, Ikan
Daging, Ikan
Selain nutrisi atau juga serat tubuh anda pun membutuhkan protein untuk tenaga pada saat berpuasa, protein sendiri bisa di dapat di dalam daging atau ikan. Daging ayam adalah salah satu daging yang mungkin banyak dimasak karena mudah di dapat dan harganya yang cukup murah di bandingkan dengan daging lainya. Ikan juga selain bagus untuk otak kita, protein di dalam tubuh kita pun bisa terpenuhi, dan jika kita mengkonsumsi makanan tersebut waktu sahur bisa membuat kita lebih cepat kenyang dan tahan lama. Namun tetap selingi dengan makanan - makanan lain seperti buah - buahan dan sayuran.

4. Sayuran
Sayuran
Makanan ke tiga yang sangat direkomendasikan adaalah sayuran, banyak sekali dan beragam sekali sayuran yang bisa anda dapat di pasar dan bisa dijadikan menu berbuka serta sahur pada bulan puasa ini. Sayuran sendiri mempunyai kandungan serat dan rendah kalori yang mampu melancarkan pencernaan anda, untuk anda yang suka dengan makan - makanan pedas dan gorengan coba sisipkan sayuran pada saat makan makanan tersebut agar pencernaan anda tidak terlalu ternganggu. Cara penyajiannya pun tidak terlalu ribet mau itu ada kuahnya atau di tumis tetap sayur bisa menjadi salah satu opsi makanan sehat di kala anda bingung untuk membuat makanan sehat apa pada saat berbuka atau sahur.

5. Air
Air
Mungkin salah satu hal yang cukup membuat kita ingin minum pada saat puasa adalah bekerja di luar ruangan pada saat jam - jam siang yang cukup panas, rasa dahaga ingin meminum segelas air pun sudah ada di pikiran, namun sebagai seorang musim kita harus menjaga dan menguatkan diri ketika hal tersebut terjadi, oleh karena itu pada saat sahur dan berbuka perbanyaklah meminum air, agar dehidrasi pada jam - jam tertentu pada saat puasa bisa terjaga dan terkontrol. Mencampurkan lemon dengan air bagus sekali untuk hati kita, selain itu kandungan vitamin C yang terdapat di lemon juga bisa mengurasi rasa lelah dan lesu.

Demikian tadi beberapa resep makanan yang cukup membuat anda bisa bertahan dan selalu fit pada saat melakukan ibadah puasa, selain menjaga kesehatan secara tidak langsung ibadah kita juga lebih khusyu karena kesehatan dan fikiran kita selalu sehat dan bersih. Dengan mengkonsumsi makanan diatas juga mudah - mudahan bisa lebih sehat dan bugar lagi ketika bulan ramadhan ini sudah berakhir. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini.  

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad