Peluang Usaha Bisnis Warung Makan - Majalah Fashion Pria: Lifestyle, Tips, Info, Rekomendasi, Cara Berpakaian Pria Maskulin

Hot

Saturday 5 September 2015

Peluang Usaha Bisnis Warung Makan

Tidak semua orang memiliki hobi memasak terutama para penghuni kontrakan yang biasanya ingin makan secara praktis dengan pergi ke warung makan. Sekarang ini warung makan sudah banyak dijumpai dimana-mana baik di pinggir jalan, di daerah kos-kosan dan bahkan di daerah perumahan. Walaupun banyak orang terbiasa dengan masakan di rumah namun terkadang karena perasaan bosan sehingga banyak orang lebih memili untuk makan di warung makan. Karena itulah bisnis warung makan merupakan salah satu bisnis yang memiliki peluang yang baik untuk dikembangkan terutama bagi mereka yang mempunyai hobi memasak. 


Persiapan yang perlu dilakukan 
Saat ingin memulai usaha warung makan, tentunya terdapat hal-hal yang perlu dipersiapkan, diantaranya yaitu : 
  1. Melakukan perencanaan dan perhitungan modal dan perkiraan biaya pengeluaran 
  2. Memiliki minat dan keahlian dalam memasak masakan dengan cita rasa masakan yang enak dan bila perlu dapat menciptakan masakan baru sehingga dapat menarik minat pembeli yang umumnya suka dengan hal-hal baru 
  3. Melakukan survei pendahuluan mengenai menu masakan apa saja yang dibutuhkan dan menu masakan favorit apa saja yang akan banyak diminati masyarakat sekitar
  4. Melakukan survey harga, hal tersebut perlu dilakukan untuk mengetahui harga pasaran setiap porsi makanan yangterdapat di warung makan, dengan begitu harga setiap porsi makanan akan dapat diperkirakan dengan baik 
  5.  Membuat resep makanan yang akan dihidangkan

Hambatan Bisnis Warung Makan
Saat menjalankan usaha warung makan kemungkinan anda akan mengalami beberapa hambatan-hambatan, yaitu diantaranya : 
  • Kemungkinan beberapa masakan tidak habis, hal ini tentunya akan menyebabkan kerugian tenaga dan materi 
  • Persaingan antar warung makan, di daerah yang padat penduduk terutama di daerah perkantoran dan daerah pendidikan (kos-kosan) tentu terdapat banyak warung makan, oleh karena itulah kita harus dapat menciptakan keunikan dan ciri khas sendiri, hal ini dapat berupa menu masakan, fasilitas, dan bisa juga perbedaan dari segi harga 
  • Adanya masakan yang kurang sesuai dengan harapan, misalnya dari segi rasa terlalu berlebihan (manis, asin ? rasa yang umumnya tidak disenangi) atau juga masakan yang kurang matang dan terlalu matang (gosong) dan lain sebagainya
Analisis Usaha 

Perkiraan Modal Awal yang dibutuhkan
A. Peralatan
Meja dan Kursi Plastik
Rp.
1.500.000,-
Peralatan Makan dan Memasak
Rp.
2.000.000,-
Jumlah
Rp.
3.500.000,-

B. Perlengkapan
Kantong Plastik
Rp.
50.000,-
Plastik
Rp.
50.000,-
Kertas nasi
Rp.
25.000,-
Bahan Bakar Gas
Rp.
75.000,-
Jumlah
Rp.
200.000,-

Perhitungan laba/rugi per bulan

A. Perkiraan Pendapatan
Omset Rp.300.000,- x 30 hari   Rp. 9.000.000,-

B. Biaya-biaya
  • Bahan baku makanan yang  dibutuhkan sekitar Rp.3.000.000,- 
  • Gaji pegawai sekitar Rp.500.000,- 
  • Transportasi yang diperlukan sekitar Rp. 300.000,- 
  • Biaya perlengkapan sekitar Rp. 200.000,- 
  • Biaya perkiraan penyusutan peralatan yang digunakan sekitar Rp. 72.896,- 
  • Kebutuhan lain-lain sekitar Rp. 100.000,- 
  • Jumlah Biaya yang diperlukan Rp. 4.172.896,-

Laba/Rugi yang diperoleh = Rp. 9.000.000,- (-) Rp. 4.172.896,-

Cara Promosi yang dapat dilakukan

Mempromosikan warung makan, apabila anda baru pertama kali membuka warung makan dapat dilakukan dengan beberapa cara berikut ini
  1. Untuk pertama kalinya umumnya promosi dapat dilakukan dari mulut ke mulut, pemasaran dilakukan dengan cara menyampaikan kepada keluarga dan teman, tetangga-tetangga dekat maupun tetangga jauh 
  2. Membuat brosur dan pamflet, pemasaran seperti ini jika warung makan yang anda dirikan cukup besar 
  3. Anda dapat sesekali memberikan diskon untuk pelanggan dengan harga khusus pada waktu-waktu tertentu, anda juga dapat memberikan potongan hingga setengah harga pada menu makanan tertentu 
  4. Pemasaran melalui internet, pemasaran bisa melalui website atau pun lewat sosial media, hal ini bertujuan menarik wisatawan dari luar daerah anda untuk berkunjung ditempat anda saat berada di kota ada 
  5. Cobalah untuk memberikan tester masakan yang anda jual kepada tetangga, kerabat dan teman sebagai tester agar mereka tertarik membeli dan juga kemungkinan akan mempromosikan kepada orang lain yang mereka kenal apabilamereka merasa cocok dengan harga dan rasa dari masakan anda
Semoga dengan artikel ini dapat membuka wawasan kita mengenai peluang bisnis warung makan :)

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad